Kuliner khas Magelang, Sayur Beong

Liburan merupakan salah satu kebutuhan manusia. Ketika Brosis tiap hari melakukan kesibukan seperti sekolah, bekerja, mengurus rumah tangga, dll, tentunya rasa bosan akan menghampiri Brosis. Dan liburan merupakan salah satu obat untuk mencairkan kebosanan tersebut.

Alhamdulillah, kemarin liburan semester AHW bersama keluarga (bapak, ibu, adik2) ke Magelang dan Yogyakarta. Tujuan utama yaitu Borobudur. Tapi kali ini AHW gak nyeritain tentang Candi Borobudur, yang mau AHW share yaitu tentang salah satu kuliner khas Magelang yaitu Sayur Beong.

DSC_1013
Porsi Gedhe Bro 😀

 

Jadi ceritanya setelah jalan2 di Candi Borobudur yang cukup bikin laper. Karena AHW gak tau makanan khas, akhirnya AHW coba tanya2 bapak polisi yang kebetulan jaga di sekitaran Borobudur. Akhirnya AHW dapet rekomendasi Sayur Beong. Ya, Sayur Beong, namanya unik ya Brosis. Sayur Beong ini yaitu sayur bening dengan ikan tawar bernama Beong. Sayurnya sih mirip2 mangut dengan rasa gurih dan pedas. Salah satu rumah makan yang terkenal dengan Sayur Beongnya yaitu Warung Makan Sehati. Lokasi Warung Makan Sehati cukup dekat dari Borobudur, setelah Brosis keluar dari Borobudur, ambil kiri kemudian lurus ikuti jalan arah Purworejo. sekitar 2 KM, di kiri jalan sebelah SD disitulah Warung Makan Pedas Rasa berlokasi.

Ukuran warungnya gak gedhe2 amat, pilihan menunya pun gak banyak, tapi warungnya rame banget, mungkin juga karena pas lagi waktu makan siang. AHW sekeluarga pesan 4 porsi sayur beong + 1 porsi ayam buat adik AHW kecil yang emang ayam mania. Sambil menunggu pesanan datang, AHW lihat-lihat foto2 yang nempel di dinding warung. Eladalah, ternyata warung ini udah terkenal banget Brosis, mulai dari Artis, Gubernur, bahkan Menteri Perdagangan Mari Pangestu udah pernah ke sini. AHW iseng2 searching di mbah Google, eh ternyata Om Bondang Prakoso Maknyusss udah pernah kesini. Wah, gak bakal kecewa nih dateng kesini.

Gak nunggu lama pesanan datang, Nasi di pisah dengan sayur dan ikan. Ukurannya termasuk porsi besar. Ini ikan kalau buat mahasiswa bisa banget buat makan dua kali, 😀 . Gak pakai lama langsung icipi ikannya. Walah, bener kata Om Bondan, maknyuuuusss. Rasanya gurih dan pedes. Gurihnya masuk sampai daging ikannya, meskipun ikannya tebel. Rasa apek yang biasanya ada di ikan tawar gak bakal Brosis rasain. Pokoke mantep tenan rasanya. Recommended banget. Rugi kalau ke Magelang gak kesini. Wah kalau rasanya maknyuss kayak gini AHW sih rela banget satu porsi dihargai 20 – 25 ribu. Eit, masih ada yang istimewa Brosis selain rasanya, setelah dibayar, AHW tanya sama Ibu. “habis berapa Bu?”. “65 ribu Mas”. Lah, gak salah nih makanan enak kayak gini gak ada 15 ribu @porsi. Itu plus es teh hlo Brosis. Wedyaan pokoke.

Last, rugi banget kalau Brosis lagi di Magelang, apalagi Borobudur gak mampir ke sini. Gak salah kalau Pak Bondan bilang Maknyuuussss.

DSC_1014
nasi + sayur beong + es teh gak nyampe 15 ribu

 

3 pemikiran pada “Kuliner khas Magelang, Sayur Beong

Tinggalkan komentar